Suarabersama.com, Semarang – Pasangan calon dari nomor urut 1, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen, menjanjikan akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp330 miliar untuk pondok pesantren (ponpes) untuk wilayah Jateng.

“Yang sudah kita hitung secara teknokratis adalah politik anggarannya. Politik anggarannya adalah menghitung kurang lebih Rp330 miliar yang kita siapkan untuk bisa kita berikan meng-cover ponpes. Itu pun, saya kira belum cukup, tapi tahapan itu yang bisa kita dorong,” kata Ganjar saat ditanya tentang program kerjanya terhadap ponpes, di Pondok Pesantren Wali, Candirejo, Tuntang, Kabupaten Semarang, Senin (7/5).

Bersama calon Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin), politisi PDI Perjuangan itu juga telah menghitung Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk sekolah swasta. Hal ini mengingat untuk sekolah negeri telah mendapat BOP dari pemerintah.

“Nah kemarin kita menghitung juga kira-kira ada Rp100 miliar lebih yang bisa kita hitung. Nah saya mencoba menghitung ini karena kalaulah kemudian kepercayaan masyarakat muncul, hari ini sudah kita siapkan,” tuturnya.

Selain anggaran, Ganjar-Yasin pun telah menyiapkan program UMKM yang dapat dikembangkan di pondok pesantren. Nantinya bukan hanya persoalan ekomoni, namun pertanian, koperasi, industri dan UMKM harus masuk di ponpes.

“Kami telah bicarakan dengan Gus Yasin potensi-potensi pertanian, olahan makanan yang bisa dikembangkan,” ujar Ganjar.