Gus Yasin Bersama Kelompok Ternak Mugi Berkah Perkanas Rafindo Agro Makmur, Tayu, Pati. Minggu (1/4/2018).
Gus Yasin Bersama Kelompok Ternak Mugi Berkah Perkanas Rafindo Agro Makmur, Tayu, Pati. Minggu (1/4/2018).

Suarabersama.com, Semarang – Tidak hanya dengan para Kiai di Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, calon Wakil Gubernur Jawa Tengah pendamping Ganjar Pranowo juga terlihat dekat dengan kelompok ternak. ini bisa dilihat melalui agenda kunjungan putra KH. Maimoen Zubair itu hari ini di Kota Pati.

Salah satu agenda Taj Yasin Maimoen, atau yang akrab disapa Gus Yasin di Kota Pati hari ini adalah mengunjungi Kelompok Ternak Mugi Berkah Perkanas Rafindo Agro Makmur, Tayu, Pati. Minggu (1/4/2018).

Dalam pertemuannya dengan para peternak di Pati, Jawa Tengah, Taj Yasin mensosialisasikan program ekonomi pesantren atau yang lebih dikenal dengan Ekotren.

“Sebenarnya bapak-bapak, program Ekotren yang menjadi program pengembangan ekonomi di Jawa Tengah ini tidak hanya sentra kulakan klontong saja, namun juga kami membutuhkan banyak daging kambing, sapi dan ayam. Saya berharap nanti bisa bekerjasama dengan peternak-peternak di Jawa Tengah, termasuk bapak-bapak yang hadir hari ini,” tutur Gus Yasin.

Lebih lanjut, Gus Yasin menjelaskan, program Ekotren tidak hanya dijalankan di ruang lingkup pesantren, namun akan mencakup semua kalangan, dengan cara saling suport dan terintegrasi.

“Karna background saya pesantren makannya disebut Ekonomi Pesantren (kepanjangan Ekotren), tapi sebenarnya Ekotren adalah tren perekonomian di Jawa Tengah akan kami dorong agar produk-produk unggulan termasuk UKM-UKM untuk mandiri,” lanjut Gus Yasin.

Penjelasan Gus Yasin ini disambut baik oleh Saidi (45), anggota Kelompok Ternak Mugi Berkah Perkanas Rafindo Agro Makmur, Tayu, Pati.

“Kalau itu (Ekotren) dijalankan pasti sangat membantu kami (peternak), kami tidak akan lagi susah memasarkan hasil ternak kami, karena nantinya akan ada kerja sama dengan pemerintah, kami sebagai penyedia stok kambing,” ujar Saidi kepada suarabersama.com.