Acara Projo Bershalawat bareng Gus Ali Gondrong
Acara Projo Bershalawat bareng Gus Ali Gondrong

Suarabersama.com, Semarang – Ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuzy, memberikan tausiyah pada acara ‘Projo Bershalawat bareng Gus Ali Gondrong’. Dalam tausiyahnya, politisi yang akrab disapa Gus Romy itu menceritakan peran para wali dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia. Minggu (8/4/2018).

Para wali menggunakan budaya dalam rangka menyebarkan Islam di Indonesia, seperti halnya Sunan Kudus, berhasil mengembangkan dakwah Islam di tengah-tengah masyarakat Hindu dengan cara tidak menyembelih hewan sapi.

“Karena Sapi bagi masyarakat Hindu adalah jelmaan para dewa, maka mereka (masyarakat Hindu) sangat menghormati sapi tersebut,” tutur Gus Romy.

Melalui cerita para wali yang menyebarkan Islam menggunakan pendekatan budaya, Gus Romy ingin memperlihatkan betapa halusnya Islam masuk dan disebarkan di Indonesia di masa lampau, penuh dengan kesabaran dan saling menghormati.

“Kalau kita menyebarkan Islam menggunakan cara-cara yang keras maka tidak akan ada yang tertarik, kita harus belajar pada wali, yang meyebarkan Islam dengan cara yang halus dan dengan kedamaian, sehingga orang-orang pada tertarik dengan agama Islam,” pungkas Gus Romy.