Gus Yasin dalam acara RRI Semarang
Gus Yasin dalam acara RRI Semarang

Suarabersama.com, Semarang – calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen atau yang akrab disapa Gus Yasin dalam beberapa kesempatan mulai memperkenalkan program Ekotren. Program ini dicanangkan dalam rangka untuk mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah.

“Ekotren merupakan program pengurangan angka kemiskinan yang menyesuaikan ekonomi tren masa kini,” kata Wakil dari Ganjar Pranowo pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah ini saat berkunjung ke kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang, Jalan Ahmad Yani, Kota Semarang, Kamis (22/3/2018) siang.

Melalui Ekotren ini Pemerintah Jawa Tengah akan membangun sentra penyuplai warung kelontong atau disebut kulakan di Kabupaten dan kota se-Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, pembangunan lokasi penyuplai paling strategis di seputaran masjid atau pondok pesantren.

“Satu sentra, setidaknya akan membawahi 100 warung kecil di sekitar lokasi inti,” jelasnya.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu meyakini program Ekotren mampu menjadi solusi pengentasan kemiskinan. Ia berharap, program Ekotren bisa mengembangkan cara pandang masyarakat tentang kewirausahaan.

Gus Yasin pun mencontohkan ketika Pondok Pesantren Sarang, Rembang memasuki masa libur, perekonomian turun 30 persen.

Melalui program Ekotren nantinya, masjid maupun pondok pesantren atau sentra kulakan lain diharapkan bisa mandiri.

“Tidak hanya itu, tapi juga menghidupi lingkungan sekitarnya. Contohnya, saat para pengusaha UMKM bingung memasarkan produknya, bisa melalui ekotren,” kata dia.