Seminar Nasional dan Training Legislatif Senat Mahasiswa Unisula. Sabtu (3/3).
Seminar Nasional dan Training Legislatif Senat Mahasiswa Unisula. Sabtu (3/3).

Suarabersama.com, Semarang– Menjadi Legislatif harus siap mengemban amanah rakyat, karena kita di sana dalam rangka mengawal dan melindungi rakyat dari ketidakadilan dan kewenang-wenangan, melalui fungsi pengawasan dan kontrol. Visi tanpa aksi adalah halusinasi.

Demikian yang diucapkan Ngainirrichadl, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, pada Seminar Nasional dan Training Legislatif Senat Mahasiswa Unisula. Sabtu (3/3).

Selain diikuti Senat Mahasiswa Unisula, seminar yang berlangsung di Kampus Unisula, Semarang, ini juga dihadiri oleh perwakilan Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Jawa Tengah.

“Menjadi legislatif, di Kampus atau di Pemerintahan yang terpenting adalah aksi, karena kita sama-sama dipilih oleh masyarakat, kalau saya dipilih oleh masyarakat Jawa Tengah, kalau Senat Mahasiswa dipilih oleh mahasiswa,” tutur laki-laki yang akrab disapa Ricard itu dalam paparan materinya.

Richard menambahkan, menjadi legislatif berarti harus siap bekerja ekstra,” karena tugas legislatif selain pengawasan juga bertugas mengontrol,” tambahnya.

Beberapa tahun ke depan, mahasiswa yang hadir dalam seminar bisa saja yang nanti akan memimpin Jawa Tengah.

“Maka dari itu, jadikan jabatan senat mahasiswa sebagai ajang latihan untuk memimpin Jawa Tengah, siapa tahu beberapa tahun mendatang kalian yang nanti akan memimpin Jawa Tengah,” ujarnya di akhir materi.