Gus Yasin ziarah ke Makam Mbah Syahid Kemadu Sulang Rembang
Gus Yasin ziarah ke Makam Mbah Syahid Kemadu Sulang Rembang

Suarabersama.com, Rembang – Calon wakil gubernur (cawagub) pendamping Ganjar Pranowo, Taj Yasin Maimoen mendapat pesan dari para kyai di Rembang untuk memperhatikan pesantren, memperjuangkan petani dan nelayan, serta berlaku adil pada semua golongan jika seandainya terpilih sebagai wakil gubernur pada Pilkada nanti.

Berbagai pesan tersebut, didapatkan oleh Gus Yasin, sapaan akrab Taj Yasin Maimoen saat melakukan kunjungan ke berbagai kyai dan pondok pesantren di Kabupaten Rembang, Minggu (25/3). Rangkaian kunjungan ini, selain dilakukan untuk meminta do’a dari para kyai, juga dilakukan dalam rangka meminta nasihat untuk memimpin Jawa Tengah.

“Sebagai santri, do’a dari para kyai merupakan penambah semangat yang sangat berarti. Nasihat beliau juga pasi berguna untuk membangun Jawa Tengah jika seandainya nanti terpilih dan dipercaya masyarakat,” tuturnya.

Sejumlah kyai yang dikunjungi oleh cawagub nomor urut satu ini diantaranya adalah K.H. Najib Leran Kecamatan Sluke, K.H. Mundzir Gegersimo Kecamatan Pamotan, da juga K.H. Ahfas Hamid Baidlowi, pengasuh pondok pesantren Al-Wahdah Kecamatan Lasem.

Selain itu, Gus Yasin juga bersilaturrahmi pada K.H. Ahmad Chazim Mabrur, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Rembang, dua ulama’ sepuh bersaudara pengasuh pondok pesantren Al-Falah Kecamatan Pamotan, Mbah Fauzi dan Mbah Fadol, serta K.H. Faruqi Zein, pengasuh pondok pesantren Al-Kaukabus Sathi’ Kecamatan Sedan.

Dari para kyai diatas Gus Yasin mengaku mendapat pesan untuk meperjuangkan kepentingan pendidikan Islam dan juga kehidupan para petani Jawa Tengah yang biasanya hanya dijadikan komoditas politik pada momen Pilkada.

“Tidak hanya pesan untuk memperjuangkan pesantren, TPQ, dan Madin, saya juga diperintah oleh para kyai untuk memperhatikan kehidupan para petani. Tadi di kediaman Kyai Mundzir, kami juga sempat berdialog soal program kartu tani dengan warga sekitar” tutur putra dari K.H. Maimoen Zubair ini.

Selain pesan untuk memperhatikan lembaga pendidikan Islam dan para petani, Gus Yasin juga mendapat pesan untuk lebih memperhatikan nelayan kecil di pesisir pulau Jawa, serta pesan agar tetap berlaku adil pada semua golongan sebagaimana dicontohkan oleh nabi Muhammad.

“Selain pesan-pesan tadi, ada juga pesan untuk memperhatikan rakyat kecil di Jawa Tengah, seperti nelayan dan para pelaku usaha kecil dan menengah. Namun, yang lebih penting dari itu semua, saya diperintah agar tetap berusaha untuk berlaku adil pada semua golongan,” tambahnya.

Dalam safari di Rembang kali ini, selain mengunjungi para kyai pesantren dan tokoh agama di Rembang, Gus Yasin juga menyempatkan diri berziarah di makam Mbah Syahid Kemadu serta bertemu dengan para pelaku usaha kecil dan menengah untuk mendengar berbagai masukan mereka terkait kondisi UMKM di Jawa Tengah.