Acara Pengajian Akbar di Gandu Gedebeg Ngawen, Blora, tadi malam. Senin (12/3).
Acara Pengajian Akbar di Gandu Gedebeg Ngawen, Blora, Senin (12/3).

Suarabersama.com, Semarang – Taj Yasin Maimoen, atau yang akrab disapa Gus Yasin, calon Wakil Gubernur Jawa Tengah, Menghadiri Acara Pengajian Akbar di Gandu Gedebeg Ngawen, Blora, tadi malam. Senin (12/3).

Dalam pengajian akbar itu, Gus Yasin yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilgub Jawa Tengah 2018, mengajak masyarakat Jawa Tengah harus kembali membudayakan anak-anak untuk ngaji habis maghrib.

“Orang Jawa punya budaya tapi sudah mulai luntur, kita budayakan kembali anak-anak untuk ngaji habis maghrib, habis maghrib jangan dibiarkan anak-anak nonton tv,” tuturnya.

Ia menambahkan, pada saat anak-anak bisa ngaji di langgar, musholla, atau rumah guru ngaji, selain mengajak untuk membudayakan ngasi selepas maghrib, Gus Yasin juga mengajak para orang tua untuk tidak menonton tv selama anaknya berangkat ngaji.

“Kalau anaknya berangkat ngaji, para orang tua jangan malah nonton tv, nanti anaknya ya malas berangkat,” himbaunya.

Mendengar apa yang disampaikan, Sikah (40), yang turut hadir dalam pengajian itu, mengaku senang mendengar ajakan ini, pasalnya, Ia prihatin dengan kondisi masyarakat sekarang.

“Alhamdulillah punya calon wakil Gubernur dari santri, masyarakat sekarang acuh anaknya mau berangkat ngaji atau tidak, dengan ajakan ini semoga budaya mengaji bisa dilakukan masyarakat, dan kalau anaknya berangkat ngaji, orang tua jangan malah nonton tv,” tutur alumni Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, ini.