Taj Yasin Maimoen, calon Wakil Gubernur Jawa Tengah, berkunjung ke kediaman KH. Danial Royan, Ketua PCNU Kab. Kendal. Rabu (28/2).
Taj Yasin Maimoen, calon Wakil Gubernur Jawa Tengah, berkunjung ke kediaman KH. Danial Royan, Ketua PCNU Kab. Kendal. Rabu (28/2).

Suarabersama.com, Semarang –Jelas Nahdlatul Ulama (NU) Khittoh secara organisasi, namun para Kiai dan masyarakat NU tetap mempunyai hak politik, selain itu, Taj Yasin Maimoen nasab dan lingkungannya sudah jelas NU-nya, perlu didukung.

Pernyataan ini disampaikan KH. Danial Royan, Ketua PCNU Kab. Kendal. Pada saat Taj Yasin Maimoen, calon Wakil Gubernur Jawa Tengah, berkunjung ke kediamannya. Rabu (28/2).

“NU khittoh secara organisasi, tapi kiai-kiai dan masyarakat NU punya hak politik, kalau calonnya Gus Yasin berarti wes jelas toh NU-ne, nasab NU-ne jelas,” tuturnya.

Taj Yasin Maimoen, atau yang akrab disapa Gus Yasin itu memang mengagendakan kunjungan ke kediaman para Kiai dan pesantren di Jawa tengah sebelum pemilihan Gubernur berlangsung.

“NU orang tua kita, jadi kita sebagai anak muda wajar kalau sowan dan meminta restu ke para Kiai,” tuturnya saat diwawancarai suarabersama.com.

Selain itu, Gus Yasin juga menjelaskan, dirinya tidak mengajak NU secara kelembagaan untuk mendukung dirinya.

“Saya meminta dukungan Kiai, sebagai personalnya, bukan dalam rangka mengajak NU untuk untuk mendukung saya,” tambahnya.

Dalam pertemuan yang sangat terlihat suasana kekeluargaannya itu, juga membahas komitmen Gus Yasin untuk Pesantren dan Madin.

“Komitmen kita soal Pesantren dan Madin jelas, kita akan berjuang bersama-sama dengan doa restu para Kiai,” pungkas putra KH. Maimoen Zubair itu.